alexametrics

Keren! Karakter Vokal Iyar Finalis Bintang Suara Mirip Muchsin Alatas

Yazir Farouk | Yuliani Jum'at, 19 Februari 2021 | 07:05 WIB
Keren! Karakter Vokal Iyar Finalis Bintang Suara Mirip Muchsin Alatas

M Ichtiar Pryadi Finalis Bintang Suara Grup 3 saat tampil secara virtual untuk proses penjurian ajang pencarian bakat Bintang Suara di Kantor Suara.com, Jakarta Selatan, Kamis (18/2/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]

"Kalau dari suara, kamu tuh bulet banget," katanya.

Suara.com - Mahasiswa asal Dompu, M Ichtiar Pryadi mencuri perhatian juri Bintang Suara di penampilannya hari ini, Kamis (18/2/2021). Baru berusia 19 tahun, karakter vokal Iyar, sapaan akrabnya, sudah bisa memukau para juri.

Dalam penampilan virtualnya di grup 3 Bintang Suara, Iyar membawakan dua buah lagu, Kulepas dengan Ikhlas dan Bumi Semakin Panas. Karakternya yang kalem terasa pas dengan lagu yang ia bawakan.

"Kalau dari suara, kamu tuh bulet banget. Cocok untuk jadi penyanyi dangdut dengan karakter ballad yang slow," komentar Acong, juri dari pihak label ProAktif, di kantor Suara.com, Kamis (18/2/2021).

Kendati demikian, Acong menyarankan agar Iyar lebih berani berimprovisasi dengan karakternya. Hal itu semata agar bisa lebih mendapat penghayatan.

"Buat peserta yang selanjutnya juga jangan pakem dengan lagu gitu bawanya kaya gitu. Lebih seru lagi kalau diimprovisasi sesuai karakter," ujar dia. 

Sepakat soal karakter vokal Iyar, juri lainnya dari Suara.com pun sepakat soal anugerah Tuhan pada suara Iyar. Bahkan, ia menyebut karakter vokal Iyar mirip dengan pedangdut senior Muchsin Alatas.

"Cengkok dangdut kamu tuh jarang, kayak Muchsin Alatas, Hamdan ATT, pokoknya penyanyi dangdut laki-laki yang bakat suara kaya kamu udah jarang. Jadi saya suka banget sama karakter suara kamu jadi kekurangannya tinggal diperbaiki aja," ujar juri Ferry Noviandi.

Restu, juri lainnya memberikan masukan agar Iyar lebih banya belajar teknik vokal. Sebab dia menilai Iyar masih tampak kesulitan mengontrol emosinya di pembawaan lagu.

"Aku denger beberapa kamu nyanyi tadi kayak dikejar-kejar, temponya tiba-tiba ngebeat. Padahal santai aja, sama kalau nyanyi emosinya dikontrol, yang kita dengar malah fals bukan klimaks," ujar Restu.

Sementara dari segi penampilan, Iyar mendapat kritik dari juri Ririn Indriani. Sebab, pakaiannya dinilai tak seperti sedang berkompetisi karena hanya memakai kemeja polo.

"Dari penampilan masukan saya berpenampilan nggak harus dengan pakaian mahal tapi dengan pilihan baju yang pas. Misal kemeja atau jas atau rompi yang bisa dipadanin dengan kemeja. Secara penampilan lebih dipersiapkan lagi," ujar Ririn.

M Ichtiar Pryadi merupakan satu dari 9 finalis dari Grup 3 bintang Suara. Ini adalah grup terakhir yang jalani penyisihan. 

Dari Grup 1, 2, dan 3 yang jumlah finalisnya 30 orang, nantinya akan diseleksi lagi menjadi 6 besar.

6 peserta terbaik itu kemudian disusutkan lagi jadi 3 besar yang akan berkompetisi di Jakarta.

15 Mar
news

Juara Bintang Suara 2021, Ibunda Aurelya Ratamchia Dewanda Titip Pesan Ini

Aurelya Ratamchia Dewanda ingin terus meningkatkan kemampuannya di dunia musik dangdut dan bisa menciptakan lagu sendiri.

Selengkapnya...
10 Mar
news

Juara Bintang Suara, Aurelya Dewanda Ingin Tancap Gas Berkarya

Gadis kelahiran Kediri, 11 Desember 2003 itu langsung menandatangani kontrak kerjasama dengan label ProAktif usai menyabet jawara Bintang Suara.

Selengkapnya...
09 Mar
music

Aksi Heboh Imelda Bikin Juri Bintang Suara Ikutan Berjoget

"Kadang larena kita udah terlalu asyik sama lagunya bisa lupa lirik," katanya.

Selengkapnya...